Pilih Mana, Rumah Bekas atau Mobil Bekas yang Lebih Untung?


Bagi Anda yang baru saja menikah, impian memiliki rumah maupun mobil merupakan hal yang wajar. Pasalnya, kedua barang tersebut termasuk kebutuhan kita sehari-hari. Namun jika disuruh memilih, mana yang lebih penting? Rumah bekas atau mobil bekas?
Lalu, apakah lebih baik memiliki rumah bekas atau kendaraan bekas? Terlepas dari kedua pilihan tersebut, cobalah Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu tentang kebutuhan mana yang harus didahulukan. Bahkan, Anda bisa menentukannya berdasarkan aspek berikut.

Rumah Bekas vs Mobil Bekas

Investasi

Jika memang dana yang dimiliki cukup untuk beli rumah, sebaiknya jangan menundanya meskipun Anda mendapati rumah bekas. Alasannya, harga properti tidak pernah mengalami penurunan. Meski harga bangunan bisa turun, tapi harga tanah terus meroket ‘kan?
Jadi, walaupun Anda memiliki rumah bekas, tetap bisa menjadi lahan investasi properti yang menjanjikan di masa depan.
Sedangkan mobil bekas otomatis akan mengalami penurunan harga jika suatu saat Anda ingin menjualnya. Biasanya harga mobil akan turun drastis alias terjun bebas karena tergantung pada tahun pembuatan dan kondisi kendaraan tersebut.

Psikologis

Bagi pasangan muda memang sebaiknya membeli rumah jika memiliki dana lebih. Walaupun rumah bekas, tetapi Anda sudah punya rumah sendiri sehingga dapat belajar untuk hidup mandiri. Selain itu, Anda dan pasangan juga dapat menata rumah sesuai dengan selera dan mungkin tidak dapat dilakukan bila masih menumpang di rumah orangtua.
Sedangkan membeli mobil bekas bukanlah sebuah keharusan yang mendesak, karena Anda masih bisa menggunakan kendaraan umum dengan nyaman.
Mungkin untuk memiliki rumah sekaligus mobil secara bersamaan memang akan terasa memberatkan. Tapi, cobalah untuk berpikir secara bijaksana berdasarkan aspek-aspek di atas tadi. Manfaatkanlah dana yang tersedia sebaik mungkin dengan melihat faktor negatif atau positifnya.

Sifatnya

Secara fisik rumah bersifat diam. Artinya rumah bukanlah benda yang bergerak. Kalaupun membeli rumah bekas, Anda bisa merenovasinya secara bertahap dalam kondisi sudah ditempati.

Lalu mobil bekas bagaimana? Karena bersifat gerak, maka harus ada yang dibereskan terlebih dahulu agar dapat digunakan dengan nyaman. Sedangkan, dana yang harus disiapkan untuk ke bengkel pun tidaklah murah.

Komentar

Postingan Populer