Beli Rumah dengan Gaji Kecil? Bisa Kok!



Memiliki rumah sendiri setelah menikah merupakan impian setiap pasangan. Namun, terkadang keterbatasan dana yang membuat kita sulit untuk mewujudkan impian tersebut. Pada akhirnya, Anda dan pasangan hanya bisa bermimpi karena gaji yang seadanya.
Tenang saja, punya rumah sendiri bukan lagi mimpi! Anda bisa mewujudkannya bersama dengan pasangan walau gaji bulanan hanya tiga jutaan. Simak tips berikut ini!

1. Tiga tahun sebelum menikah, sisihkan 30-40 persen dari gajimu dan pasangan. Tabungan ini cukup kok untuk uang muka KPR.

Anda dan pasangan bisa menabung bersama yang diperuntukkan untuk rumah masa depan kalian. Caranya pun mudah dan Anda gak perlu menyiksa diri demi menabung. Cukup berkomitmen untuk sama-sama menyisihkan 30-40 persen gaji yang diterima tiap bulan. Uang yang dikumpulkan selama tiga bulan cukup untuk uang muka rumah impian.

Tabunganmu sebulan : 40 % x Rp 3.000.000 = Rp 1.200.000
Tabunganmu dan pasangan dalam sebulan : 2 x Rp 1.200.000 = Rp 2.400.000
Tabungan kalian dalam 3 tahun : 36 bulan x Rp 2.400.000 = Rp 86.400.000

2. Cari bunga bank dengan KPR terendah

Tips beli rumah dengan gaji kecil selanjutnya supaya bisa membeli rumah sendiri adalah tidak malas untuk survey bunga KPR tiap bank. Jika tidak selektif memilih bank maka Anda justru akan terjebak dengan bunga yang mencekik. Makin tinggi bunganya maka dana yang harus dianggarkan untuk membeli rumah juga makin membengkak.

3. Survei lokasi perumahan dengan harga terjangkau, tidak harus di tengah kota kok!


Selain survei bank, Anda juga perlu survei lokasi perumahan KPR. Tidak harus punya rumah di tengah kota dengan harga selangit. Anda bisa mengincar perumahan di pinggiran kota yang merupakan daerah berkembang, seperti perumahan di Depok, Tangerang ataupun Bogor.

4. Tinggal di rumah kos khusus pasutri.

Setelah menikah, Anda dan pasangan dituntut untuk mandiri. Sebisa mungkin jangan merepotkan orangtua dengan menumpang di rumah orangtua atau mertua. Pingin mandiri tapi minim dana? Anda dan pasangan bisa kok menyewa rumah kos nyaman yang diperuntukkan untuk pasangan suami isteri.
Biaya yang kalian keluarkan tentu lebih murah daripada menyewa rumah. Dengan begini Anda bisa mengalokasikan uang sisanya ke tabungan untuk membeli rumah sederhana.

5. Jangan malas untuk berinvestasi dari sekarang.

Investasi juga penting untuk menambah tabunganmu. Anda bisa kok investasi dari yang kecil-kecil dulu dan berjangka panjang. Misalnya saja investasi emas tiap dua bulan sekali. Anda bisa membeli beberapa gram emas tiap dua bulan dan menjualnya beberapa tahun lagi. Sebaiknya jual emas saat nilai tukar rupiah menurun karena harga emas akan naik secara signifikan.

Komentar

Postingan Populer